Cemilan Rumah - Keripik Tortilla

Header Menu


Cemilan Rumah - Keripik Tortilla

Monday, October 28, 2019

Keripik Tortilla Buatan Rumah

INFOWAJO.COM - Jumlah Porsi yang diperoleh nantinya adalah 6 porsi. Lalu waktu mempersiapkan bahan-bahan sekitar 10 menit dan memasaknya dibutuhkan waktu 15 menit. Maka total waktu keseluruhan yang digunakan 25 menit

Keripik Tortilla
Resep Keripik Tortilla

 Bahan

  • 20 5 1/2 hingga 6 inci tortilla jagung ekstra tipis
  • Minyak sayur untuk digoreng (sekitar 4 gelas)
  • Garam secukupnya

Instruksi

  1. Panaskan minyak dalam panci tumis besar hingga 340 derajat (jangan biarkan naik di atas 350 atau keripik akan terlalu cepat dimasak dan terbakar). Lapisi loyang 13 x 9 inci dengan 2 lapis tisu.
  2. Buat empat tumpukan masing-masing 5 tortilla dan potong setiap tumpukan menjadi 6 irisan (seperti memotong pizza).
  3. Bekerja dengan cepat tambahkan 15 irisan (atau hanya cukup untuk menyesuaikan) ke minyak yang sudah dipanaskan dalam satu lapisan. Biarkan sampai keripik keriting sedikit, sekitar 20 detik kemudian menggunakan saringan laba-laba mengumpulkan sebanyak mungkin keripik sekaligus dan membalik ke sisi yang berlawanan, ulangi dengan keripik yang tersisa sampai semua telah dibalik.
  4. Biarkan memasak pada sisi yang berlawanan sekitar 20 detik, atau hanya sampai mereka berubah menjadi sedikit lebih gelap (tidak kecoklatan!). Kumpulkan keripik sebanyak mungkin dalam saringan laba-laba, kocok dengan hati-hati kelebihan minyak dari keripik kembali ke dalam panci dan transfer ke handuk kertas untuk ditiriskan. Ulangi, segera kumpulkan chip yang tersisa, bumbui dengan garam.
  5. Ulangi proses penggorengan dan pengeringan. Geser keripik yang telah didinginkan di atas tisu ke satu sisi untuk memberi ruang lebih banyak keripik.

Catatan resep

  • Untuk Membuat Keripik Tortilla Panggang, panaskan lebih dulu oven ke 350 derajat. Lumuri dua loyang berukuran 18 kali 13 inci.
  • Sikat kedua sisi 12 tortilla jagung ekstra tipis dengan 1 1/2 Tbsp minyak (total). Tumpuk dan potong menjadi 6 irisan.
  • Sejajarkan dalam satu lapisan pada loyang disiapkan. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada dua rak oven di dekat bagian tengah, 7 menit.
  • Putar panci kemudian terus memanggang sekitar 7 menit lebih lama, atau hanya sampai ujung-ujung keripik berubah menjadi cokelat keemasan ringan. Bumbui dengan garam dan biarkan dingin.
  • Tortilla jagung standar dapat digunakan di sini juga hanya menambah waktu memanggang beberapa menit.
  • Oh iya bunda, jangan lupa untuk selalu tersenyum walaupun masakan kita lagi gosong yah.